Temu INOVASI Pendidikan Kabupten Sumenep, Gelar Workshop dan Pameran Hasil Karya Literasi

1
124

SUMENEP–Suksesinasional.Com–Untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan dasar khususnya di Kabupaten Sumenep, Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) menggelar kegiatan “Temu INOVASI Pendidikan di Kabupaten Sumenep” diselenggarakan di Aula PT Garam, Sumenep Sabtu (30/11/2019).

Kegiatan yang sempat dihadiri Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi terutama di kelas awal.

“Kegiatan tersebut juga dihadiri sekitar 150 undangan, selama satu hari kegiatan diisi dengan pameran karya literasi dan numerasi dari para guru, kepala sekolah, hasil karya siswa, dan workshop pembuatan bigbook (buku besar).

“Program INOVASI di Kabupaten Sumenep diawali dengan studi pemetaan INOVASI pada tahun 2017. Hasil dari studi tersebut menemukan potensi sekolah-sekolah di Kabupaten Sumenep yang sudah menerapkan gerakan literasi yang terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran di sekolah maupun komunitas masyarakat.

Pada September 2018 lalu,  telah disepakati bahwa program rintisan Kabupaten Sumenep berfokus pada peningkatan literasi dan numerasi di kelas awal, yang juga bekerja sama dengan Universitas Bina Nusantara.

Kegiatan ini telah berlangsung di Sumenep selama satu tahun dengan mendampingi 41 sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan membentuk 31 fasilitator daerah (fasda) yang berkompeten dalam bidang literasi dan numerasi.

Menurut Silvana Erlina Provincial Manager INOVASI Jatim, potensi praktik menjanjikan yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Sumenep merupakan contoh praktik menjanjikan yang sangat layak diadopsi tidak hanya untuk skala kabupten / kota, namun juga skala nasional.

“Hasil yang dicapai oleh guru dan pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan khususnya dalam kegiatan KKG, memberikan dampak yang positif dan menghasilkan solusi lokal dalam rangka menyelesaikan permasalahan pendidikan di Kabupaten Sumenep.Salah satunya dalam bidang literasi dan numerasi,” terangnya.

Dalam kesempatan berbeda, Bupati Sumenep KH. Abuya Busyro Karim, M.Si memberikan dukungan dalam penerapan program literasi dan numerasi di Kabupaten Sumenep. Dukungan ini diwujudkan dengan adanya alokasi dana APBD untuk penguatan kapasitas pendidik dalam bidang literasi dan numerasi.(ren/*)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here