Polda Jatim Launcing Penerapan E-Tilang

0
192
Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Istiono Didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan Launcing E-Tilang Di Gedung Mahameru Polda Jatim (Reporter //M.Rusdi )

SURABAYA–Suksesinasional.Com– Setelah sepekan melaksanakan uji coba E- Tilang .Kini Elektronic Traffic Law Evorcement (ETLE) resmi diterapkan oleh Direktorat Lalu lintas (Dirlantas) Polda Jatim bersama Pemkot Surabaya dengan menggelar Launcing di Gedung Mahameru Polda Jatim Kamis (16/01/2020).

Kepala Korps lalu lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Pol Istiono sangat mengapresiasi kepada Polda Jatim serta Pemkot Surabaya dalam mendukung dan menerapkan E -Tilang di Surabaya. ETLE sangat bermanfaat bagi masyarakat dan sangat evisien untuk melakukan tilang terhadap para pelanggar.

Dengan diberlakukannya ETLE di Jawa Timur tentunya banyak manfaatnya dan bisa mengurangi pelanggaran lalu lintas serta dapat menekan angka kecelakaan dijalan raya.

Peran ETLE itu sendiri dapat mengurangi peran manusia dan digantikan dengan kamera pengintai (CCTV) dengan sistem memotret pelanggaran serta dapat merekam semua para pengendara,” ujar Irjen Pol Istiono.

Dia menambahkan, lalu lintas merupakan urat nadi bagi kehidupan bermasyarakat, baik ekonomi, sosial dan budaya. Lalu lintas merupakan cermin budaya Bangsa. Dengan adanya ETLE ini pelanggaran yang terjadi dijalan raya dapat termonitor,” kata dia.

Dengan diberlakukannya E- Tilang dapat mengurangi dialog dengan petugas kepolisian.Terkadang, masyarakat ketika ditilang oleh petugas tidak terima bahkan cenderung melawan. Dengan adanya ETLE ini juga bagian dari bebas korupsi serta dapat memangkas birokrasi.

Apabila pelanggar tidak melakukan pembayaran denda Tilang di Bank selama 15 hari, maka dokumen kendaraan akan diblokir. Dengan menggunakan tehgnologi baru, pihakya berharap kepada masyarakat jadi budaya tertib berlalu lalu lintas ” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dalam paparannya menjelaskan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemkot Surabaya atas kerjasama dalam mendukung program ETLE atau E-Tilang.

Dengan diresmikannya program ETLE ini, pihaknya berharap masyarakat Jawa Timur lebih meningkatkan kesadaran dan menjaga keselamatan berkendara dijalan raya dan tidak melanggar rambu rambu lalu lintas.

Program ETLE tersebut bertujuan untuk menindak para pelanggar lalu lintas dengan memanfaatkan tehnologi digital sehingga lebih efektif dan efisien,” kata Kapolda Jatim.Dampak dari ETLE itu sendiri, masyarakat dapat lebih tertib berlalu lintas serta dapat mencegah aksi kejahatan lainnya.

Kapolda Jatim mengajak kepada masyarakat Jawa Timur agar bersama sama mematuhi aturan tertib berlalu lintas.Karena dengan tertib berlalu lintas jiwa kita tidak jadi korban dijalan raya,” pungkasnya.(*rus*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here