Tanggap Bencana, Forkopimda Lamongan Sigap Dalam Evakuasi korban

0
225
Forkopimda Kabupaten Lamongan Meninjau Persiapan Antisipasi Bencana Alam (Reporter //Khoirul Anwar )

LAMONGAN–Suksesinasional.Com–
Kesiapsiagaan dalam mengantisipasi terjadinya bencana di Kab Lamongan, pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan bersama TNI-Polri dan BPBD menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Banjir. Selasa (14/01/2020)

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Disnaker Lamongan, Jl. Jaksa Agung Suprapto Kab. Lamongan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Lamongan H Fadeli dengan di dampingi Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han Dan Kapolres Lamongan AKBP Harun, S.I.K., M.H..

Kegiatan diawali dengan Simulasi peragaan evakuasi korban Bencana Alam oleh Tim Satgab Bencana Alam Terpadu Kabupaten Lamongan. Yang mana dalam acara kesiapsiagaan ini melibatkan semua unsur terkait mulai dari Personel Kodim 0812 Lamongan, Polres Lamongan, BPBD, Dishup, Damkar. Satpol PP. TRC .Santana. Dinkes Lamongan. Tagana.

Dalam kesiapsiagaan tersebut ditampilkan berbagai peralatan dan perlengakan yang menjadi bahan untuk melakukan evakuasi ketika terjadi bencana alam,” Bahkan para personel yang terlibat di dalamnya melakukan aksi simulasi berupa pertolongan kepada warga yang terkena bencana banjir yang dimulai dari tahap evakuasi serta pemberian bantuan pertolongan pertama.

Dalam Amantnya, Bupati Lamonga. H Fadeli mengatakan, Apel Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Banjir yang dilaksanakan ini bertujuan untuk membangun sinergitas dan mengkonsolidasikan satuan pelaksana penanggulangan bencana alam di wilayah Kab Lamongan khsususnya pemerintah daerah serta untuk mengantisipasi dan mengevaluasi sejauh mana kesiapan seluruh unsur yang terlibat baik unsur TNI, Polri, Pemda maupun organisasi masyarakat guna menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi di wilayahnya.

“Dengan kegiatan gelar pasukan ini diharapkan satuan pelaksana
penanggulangan bencana alam maupun Satuan penanggulangan bencana yang lain baik dari TNI, Polri, Pemda dan organisasi peduli bencana akan mampu bergerak cepat, tepat dan efisien jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam di wilayah Kab Lamongan,” kata Bupati

Oleh karena itu, lanjut Bupati, setiap personel yang tergabung dalam pasukan siaga agar setiap saat memantau perkembangan situasi dan kondisi cuaca, iklim dan perubahan alam yang terjadi, terutama terhadap wilayah rawan bencana di daerah masing-masing.

Melaksanakan monitoring, deteksi dini, temu cepat dan lapor cepat, dan selalu siap digerakkan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Menurut AKBP, Harun, SIK, SH mengatakan, jika simulasi kesiapsiagaan tanggap bencana terpadu ini terdiri dari unsur Forkopimda Lamongan.

” Dimana dari TNI-Polri dan Petugas terkaid dari Pemkab Lamongan siap siaga, mulai dari alatnya dan personilnya. Selain kita dirikan pos induk di sini, kita juga akan mendirikan beberapa posko di daerah yang dekat lokasi bencana banjir, ” kata Kapolres Lamongan, pada awak media.Disinggung daerah yang menjadi atensi Kapolres mengatakan, akan fokus di daerah yang dekat dengan sungai bengawan Solo.

” Diantaranya di Kec Babat, Kec Karanggeneng, Karangbinangun, yang sering terjadi banjir makanya kita tempatkan sebagai daerah penyangga dan kita siapkan juga petugas untuk sellalu memonitoring, dan kami akan mengantisipasi dan terus warpada dengan selalu mengecek lokasi aliran sungai bengawan solo, ” tambah Kapolres Lamongan, yang baru menjabat itu.(rul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here