Disdik Kabupaten Sumenep Berencana Merger Sejumlah Sekolah Dasar

0
145
FOTO Eklusif --Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Abd Kadir (REPORTER / Hasan Busri )

SUMENEP – Suksesinasional.Com--Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur pada tahun 2020 ini berencana menggabungkan atau Merger sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang kekurangan murid.

“Hal tersebut ditegaskan Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Sumenep Abdul Kadir. Menurutnya, merger sekolah dasar ini merupakan langkah efisiensi pengeluaran operasional sekolah, karena keberadaannya dinilai tidak efektif, peserta didik maupun sarana prasarana juga minim.

“Jika SD seperti itu dipertahankan maka hasilnya tidak memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan Indonesia, bahkan bisa menghambat tenaga pendidik yang mengajar mendapatkan sertifikasi guru karena sekolahnya itu tidak memenuhi syarat. “ungkap Kadir, Rabu (12/02/2020)

Menurut Kadir, saat ini banyak tumbuh Sekolah Dasar swasta dan Madrasah Ibtidaiyah yang lebih diminati masyarakat, sehingga keberadaan SD Negeri semakin tertinggal dan minim murid.

Karena itu Kadir berharap merger Sekolah Dasar menjadi strategi meningkatkan kualitas pendidikan SD dan tahun ini ada Empat SD Negeri yang akan diusulkan untuk digabung yaitu SDN Pagar Batu 3 kecamatan Saronggi, SD Tambak Agung Timur 1 Kecamatan Ambunten, SD Basoka 3 kecamatang Rubaru dan SD Legung Timur 3 kecamatan Batang-batang.

Sedangkan yang akan ditutup tahun ini yaitu SDN Pakandangan Tengah kecamatan Bluto. Kami harapkan nantinya Marger ini bisa segera direalisasikan agar kualitas bisa terwujud.” tambahnya.(ang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here