Jamin Keamanan Pangan, Dinkes Tulungagung Lakukan Penyuluhan

0
97

TULUNGAGUNG– Suksesinasional.Com–Penyuluhan Keamanan pangan (PKP) yang dilaksanakan pemerintah kabupaten Tulungagung dalam melaksanakan amanat Pasal 16 UU 23/14 yang diubah menjadi UU Nomor 9/15 tentang Pemerintah Daerah, bahwa pemerintah daerah berkewajiban membina IRTP agar produksinya aman.

Acara tersebut diikuti 165 orang pengusaha makanan atau minuman di Liur Kaffe and Resto. Kegiatan ini merupakan syarat untuk mendapatkan sertifikat SPP-IRT, Selasa (25/2/2020).

PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Bambang Triono, melalui Kasi Farmasi dan Perbekalan Masduki, M.Kes menghimbau pada para peserta PKP-IRT yang berkaitan dengan kebijakan keamanan pangan industri rumah tangga. Diantaranya: perundang-undangan di bidang pangan, keamanan dan mutu pangan, teknologi proses pengolahan pangan, prosedur operasi sanitasi yang standart, cara produksi pangan yang baik, penggunaan bahan tambahan pangan, persyaratan lebel dan iklan pangan.

“Semua proses dan prosedur harus dilalui, sehingga tercapai standard yang dipersaratkan. Untuk kelulusan peserta minimal nilai 60, agar bisa mendapatkan sertifikat penyuluhan keamanan pangan,” terang Masduki.

Salah satu peserta, Wahyudi mengapresiasi acara tersebut. Ia menyatakan begitu pentingnya penyuluhan sebagai penyadaran dan panduan pengusaha dalam menjalankan usahanya.
“Kadang dalam menjalankan usaha, pengusaha itu suka mengabaikan standard mutu, sehingga acara seperti ini sebagai pengingat agar lebih baik dalam menjalankan usaha terlebih untuk masyarakat luas”, ungkapnya.

Evaluasi hasil pengujian makanan dan minuman yang dilakukan di Kabupaten Tulungagung, masih ditemukan makanan dan minuman dipasaran yang tidak memenuhi syarat kesehatan, yang tidak berizin atau kadaluwarsa. Agar produk makanan dan minuman yang beredar memenuhi syarat bisa dikonsumsi, hendaknya SDM yang mengelola mengetahui bagaimana cara memproduksi makanan yang memenuhi syarat untuk dikonsumsi. (Tur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here