Antisipasi Virus Corona, Bupati Tulungagung Sidak Puskesmas Ngantru

0
141

TULUNGAGUNG –Suksesinasoonal.Com — Untuk memastikan kesiapan dalam menangani masalah virus corona (covid-19), Bupati Tulungagung Maryoto Birowo sidak ke Puskesmas Ngantru, Sabtu (21/03/2020).

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Bupati, melakukan inspeksi mendadak (sidak) memantau langsung kesiapan tim medis dalam penanganan warga terhadap virus tersebut, seperti dilakukan di puskesmas Ngantru.

“Puskesmas Ngantru merupakan salah satu puskesmas yang dijadikan rujukan untuk penanganan pasien virus corona, kita mau lihat kesiapan mereka khususnya dalam penanganan pasien suspect corona,” kata Maryoto, kepada Suksesinasional.Com.

Selain Puskesmas Ngantru, kunjungan juga dilakukan di Puskesmas Bangunjaya Kecamatan Pakel. Kita ingin memastikan kesiapan medis khususnya dalam mengantisipasi penyebaran serta penanganan pasien virus corona,” jelas Bupati Tulungagung.

Seraya menambahkan, penanganam wabah covid-19 ini harus ada kesiapan khusus bagi Rumah Sakit maupun Puskesmas sehingga jika pun ada kasus cepat terdeteksi dari awal.

Kepala Puskesmas Ngantru Suwanto, saat menyambut rombongan Bupati menerangkan, antispasi pecegahan dilakukan pihaknya telah membentuk tim penanganan, bahkan disana tim medis akan cepat tanggap dalam melakukan penanganan pasien virus corona.

“Misalnya kalau mau pemantauan pasien harus diisolasi di rumah tidak boleh kemana-mana. Atau pengawasan langsung kalau memang ada gejala-gejala demam atau tanda-tanda infeksi paru-paru serta ada riwayat kontak dengan orang yang diduga terinfeksi,” jelasnya.

Wanto menjelaskan, adanya sarana dan prasarana maupun fasilitas yang ada di puskesmas sudah sangat baik karena disuplei dari Rumah Sakit dr.Iskak.

“Namun demikian pihaknya akan menangani secara maksimal pasien sebelum dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditunjuk oleh pemerintah dalam menangani covid-19.

“Wilayah Puskesmas Ngantru dan sekitarnya masih aman dari pasien suspect corona begitu juga pasien dalam pemantauan, masih belum ditemukan,” katanya. ( ali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here