Belasan Rumah dan Tempat Ibadah di Lamongan Porak Poranda Akibat Angin Puting Beliung

0
85

LAMONGAN –Suksesinasional.Com–
Terjadinya bencana alam tidak memandang lokasi, situasi dan waktu. Sebagaimana halnya bencana alam anngin puting beliung yang melanda wilayah Kecamatan Glagah, Sabtu dini hari sekitar pukul 24:11 WIB.

Akibat kejadian tersebut sekitar 20 bangunan rumah mengalami kerusakan dibagian atapnya. Rinciannya sebanyak 12 rumah dan tempat ibadah didusun Garangan, Desa Sudangan, Kec Glagah Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Sedangkan diaerah Desa Wangen ada sekitar 8 rumah yang mengalami kerusakan. Menurut Kepala Desa (Kades) Sudangan Abd Rokhim. Angin puting beliung itu terjadi pada pagi dini hari.

“Awalnya pada hari Jum’at (20/03/2020) sekitar pukul 23: 41 WIB, saat itu cuaca mendung dan gerimis. Kemudian tepat pada pukul 24: 11 WIB angin kencang dan puting beliung disertai hujan deras meghempas pemukiman warga, ” kata Abd Rochim Sabtu (21/03/2020), kepada Suksesinasional.Com.

“Dia menceritakan, angin kencang yang disertai hujan tersebut langsung menyapu sejumlah atap rumah milik warga. Sehingga banyak atap rumah yang berterbangan.

Kebanyakan, kata Rochim, rumah warga tersebut mengalami kerusakan akibat genting dan asbes porak poranda diterjang angin puting beliung.

Bahkan sampai ada yang merobohkan sebagian tembok rumah warga. Bencana alam tersebut juga berdampak pada kerusakan atap mushollah. Akibat kejadian itu, kerugian ditafsir mencapai Rp 50 juta,” jelas Rochim.

Sementara itu Camat Glagah Suwignyo, membenarkan kejadian puting beliung tersebut. Selain di Desa Sudangan, hujan disertai angin juga terjadi di Desa Wangen.

Rata-rata rumah warga mengalami kerudakan dibagian atap, yang terbuat dari, genteng, esbes dan aluminium.

Beruntung pada kejadian itu tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, ” Kata Camat Glagah, saat memantau langsung di lokasi kejadian.

“Saat ini, Forkopimcam bersama masyarakat berusaha memperbaiki rumah dan mushallah yang mengalami kerusakan.

Kami juga sudah melaporkan ke dinas terkait untuk agar mendapat bantuan,” Camat Glagah bersama Forkopimcam saat meninjau lokasi. (rul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here