Dampak Virus Corona, Dukcapil Tulungagung Hentikan Sementara Pelayanan Administrasi

0
440
FOTO ISTIMEWA --Dispenduk Hentikan Sementara Layanan Administrasi Kependudikan (REPORTER /Agus Haryono )

TULUNGAGUNG-Suksesinasional.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Tulungagung Jawa Timur terus memerangi penyebaran virus Corona. Untuk sementara waktu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menunda sementara aktivitas pelayanan administrasi kependudukan.

Hal ini, sesuai surat edaran Bupati penundaan ini mulai berlaku pada tanggal 18 Maret sampai 7 April 2020.
Penundaan ini berdasarkan himbauan Direktur jendral Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH.

“Berdasarkan himbauan Dirjen Dukcapil tersebut, Kepala Dinas Catatan Sipil dan kependukan Tulungagung Ir.Moch.Justin Taufik menghimbau seluruh masyarakat untuk urusan yang tidak sangat urgen, agar menunda dulu mengurus dokumennya ke Dinas Dukcapil,” kata Justin.

Menurut Justin pihaknya akan melayani masyarakat yang betul – betul membutuhkan dokumen kependudukan. Seperti untuk pengurusan BPJS dan Rumah sakit bisa melalui aplikasi pelayanan online agar tidak terjadi penumpukan antrian.

“Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Namun, bagi pelayanan-pelayanan yang sangat penting seperti pengurusan administrasi dalam rangka kelengkapan berkas BPJS, dan pendaftaran anggota TNI/Polri tetap dilayani,” ungkap Justin.

Justin menyatakan semua pelayanan administrasi umum akan dihentikan sementara, hingga ada pemberitahuan selanjutnya.

Sementara itu, terkait hal yang bersifat mendesak tetap ada pelayanan. Untuk pelayanan secara umum akan dilakukan secara online.

“Semua permohonan penerbitan dokumen kependudukan yang mendesak bisa lewat online dengan Website.dukcapil. tulungagung.go.id.

“Setelah dikirim, pihak Disdukcapil Tulungagung langsung memprosesnya sesuai jenis dokumen apa yang diminta, KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan lain-lain.

”Kami akan memberitahukan jika dokumen tersebut selesai, dan mesyarakat tinggal menjemputnya. Jadi tidak ada antrian maupun kerumunan di kantor disdukcapi,” pungkas Justin.(Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here