Desa Mangunsari Gelar Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

0
352

TULUNGAGUNG –Suksesinasional.Com — Puluhan warga Desa Mangunsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung melakukan sosialisasi pencegahan virus corona di Liiur Hall, Rabu (4/3). Pengenalan pencegahan virus endimik yang sudah masuk ke Indonesia ini diikuti oleh puluhan ibu-ibu tim PKK se- Kecamatan Kedungwaru.

“Kepala Desa Mangunsari Agus Fahrozi,SH mengatakan, kabar adanya warga negara indonesia (WNI) yang tertular virus corona menjadi warning bagi bangsa indonesia. Virus corona atau Covid-19 harus diantisipasi dengan baik.

“Kami dari Desa Mangunsari dan masyarakat melakukan sosialisasi pencegahan virus corona sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat,” jelasnya ditemui di sela-sela acara.

Menurutnya, masyarakat juga harus ambil peran untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia, terutama di Tulungagung. Peran ini sebagai langkah konkrit untuk membantu pemerintah dalam mencegah virus mematikan corona.

Agus menyebutkan, ada sejumlah upaya yang perlu dilakukan sebagai bentuk preventif terhadap virus corona yakni sering mencuci tangan menggunakan sabun.

Pola pembiasaan mencuci tangan ini sangat membantu dalam pencegahan dari terjangkit virus.Pakai masker bila batuk atau pilek, biar ngak menular atau tertular,” terangnya.

Langkah lainnya yang perlu dilakukan adalah berhati-hatilah saat kontak fisik dengan hewan, bila batuk, pilek, dan sesak nafar segeralah pergi ke dokter. Tujuannya adalah untuk mengetahui kadar penyakit yang diderita.

“Jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak, konsumsi gizi seimbang dan perbanyak makan sayur dan buah, rajin olahraga dan istirahat cukup,” katanya.

Selain mengetahui cara mencegah virus corona, masyarakat juga perlu mengenal gejala-gejala virus corona. Salah satu gejalanya adalah, demam, batuk pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu.

“Jika alami kondisi seperti ini segera ke dokter, jangan nunggu sampai parah,” terangnya.

Salah satu peserta, Bu Rusti dari PKK Desa Tunggulsari mengaku belum tahu adanya virus corona. Dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat awam menjadi faham virus corona sebagai salah satu virus yang cukup membahayakan.

“Saya yang awam ini sangat berterimakasih ada sosialisasi, yang tidak tahu akhirnya jadi tahu,” akunya.
Rusti mengapresiasi adanya kepedulian tentang Sosialisasi ini.

Sebab, pemerintah belum melakukan langkah sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya virus corona.Baru kali ini ada sosialisasi, karena sebelumnya ngak ada sama sekali,” ucapnya.

Sementara itu Camat Kedungwaru Hari Prasetyo sangat mengapresiasi adanya sosialisasi ini,”baik sekali acara ini,dan baru kali ini ada acara ini dan mungkin se Kabupaten Tulungagung baru yang pertama mengadakan sosialiasi tentang berbahayanya Virus Corona.

Hingga saat ini belum ada vaksinnya maka masyarakat harus lebih waspada dan lebih baik mencegah dari pada mengobati”, terangnya.

Selain Sosialisasi tentang Virus Corona, acara ini juga membahas tentang program Stunting dan penyakit mata yaitu Katarak. Acara yang digelar pagi hari, menghadirkan Narasumber dari Dinas Kesehatan dan klinik mata EDC.( Al/har)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here