Heboh Virus Corona, Kantor Imigrasi dan Dinkes Tulungagung Periksa 16 WNA

0
140

TULUNGAGUNG–Suksesinasional.Com– Petugas Kantor Imigrasi kelas II non TPI Blitar dan Dinas Kesehatan Tulungagung melakukan pengecekan terhadap enam belas pekerja asing di sebuah rumah yang berada di Desa Ringinpitu, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Selasa (03/03/2020) malam.

Dari ke enam belas Warga Negara Asing (WNA) itu, empat belas merupakan warga Negara Tiongkok satu warga Negara Malaysia sedangkan satu orang WNA dari Negara Singapura.

Satu warga Negara Singapura baru tiba di Desa Rangunpitu enam hari lalu, sedangkan lainnya masuk di Indonesia sejak dua pekan terakhir.

Camat Kedungwaru, Hari Prasetijo menjelaskan, keberadaan WNA terungkap setelah masyarakat melapor ke putugas Kecamatan. Mereka khawatir WNA ini bisa menyebarkan virus Corona (Convid-19).

Diri hasil pendataan, rumah yang dihuni para WNA ini sebelumnya kosong sejak beberapa tahun. Kemudian disewa oleh seseorang yang mengaku digunakan untuk menampung pekerja disebuah pabrik di Kecamatan Ngantru, Tulungagung.

“Masyarakat yang melihat bahwa penghuninya merupakan WNA kemudian melaporkan ke Kantor Kecamatan, karena mereka khawatir bisa menyebarkan virus corona,” ujarnya.

Pihak kecamatan kemudian meneruskan laporan ke Kantor Imigrasi Kabupaten Blitar. Mereka melakukan pengecekan kelengkapan dokumen keimigrasian.

Para WNA ini menunjukkan fotocopy paspor mereka dan mengaku jika paspor aslinya dibawa seseorang di Surabaya untuk diperpanjang.

Mereka kemudian didata oleh petugas dan diminta datang ke Kantor Imigrasi untuk diperiksa lebih lanjut.

“Petugas Imigrasi telah mendata mereka untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasubsi Intelejen Kantor Imigrasi klas II non TPI Blitar, Priyo Eri Wicaksono mengungkapkan, sesuai visa, para WNA ini berada di Tulungagung untuk keperluan bisnis.

Berdasarkan paspor, kelima belas WNA masuk melalui Bandara Internasional Sukarno Hatta sejak dua pekan lalu. Sedangkan satu WNA asal Singapura, baru tiba enam hari yang lalu.

“Untuk informasi lebih lanjut kita masih akan melakukan pemeriksaan di kantor,” katanya.

Dalam pengecekan itu, Kantor Imigrasi mengajak tim medis dari Dinas KesehatanTulungagung untuk memantau kondisi kesehatan para WNA,”tuturnya.

Kasi Survailence dan Imunisasi Dinas Kesehatan Tulungagung, Satrio Wibisono yang mengecek kondisi kesehatan para WNA ini menjelaskan secara umum kondisi mereka sehat.

Rata rata suhu tubuh mereka 36,2 derajat sampai 36,7 derajat. Meskipun begitu mereka masih memantau kondisi kesehatan satu WNA asal Singapura yang baru tiba enam hari lalu.

“Satu WNA asal Singapura masih terus kita pantau kondisi kesehatannya,” katanya. (tur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here