Keluarkan Maklumat, Kapolri Himbau Masyarakat Bersatu Cegah Penyebaran COVID-19

0
833

SURABAYA–Suksesinasional.Com — Melihat semakin cepatnya penyebaran virus Corona alias Covid-19 serta semakin meningkatnya masyarakat Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit Covid 19.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengeluarkan maklumat yang diterbitkan pada hari Kamis (19/03/2020) yang lalu.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, maklumat itu dikeluarkan agar penyebaran virus tidak semakin meluas dan berkembang menjadi ganguan terhadap Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Argo menjelaskan, maklumat ini dikeluarkan sebagai bentuk kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona (Covid-19),” kata Argo dalam keterangan tertulis hari Sabtu (21/03/2020).

Sementara itu Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, dalam maklumat tersebut, seluruh masyarakat dihimbau agar tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik ditempat umum maupun di lingkungan sendiri atau disebut dengan Social Distancing.

Demikian bunyi maklumat yang dikeluarkan Kepolisian Negara Republik Indonesia agar dipatuhi untuk mencegah dan penyebaran COVID -19 khususnya diwilayah Propinsi Jawa Timur,”tutur Trunoyudo.

Truniyudo menambahakan, apabila ada keperluan mendesak dan tidak dapat dihindari yang melibatkan banyak massa, agar dilaksanakan sesuai dengan protokol pemerintah daerah Propinsi Jawa Timur yang sudah dibentuk gugus tugas percepatan penanggulangan dalam rangka pencegahan penyebaran _Covid-19.

Selain itu, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dalam maklumatnya, juga meminta agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik namun diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dan mengikuti informasi serta imbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Masyarakat juga diminta agar tidak melakukan pembelian atau menimbun bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainnya secara berlebihan,” jelas Trunoyudo.

Dan masyarakat juga diminta agar tidak ikut menyebarkan informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya yang dapat menimbulkan keresahan dan gejolak.

“Apabila tidak jelas nara sumbernya, dapat menghubungi kepolisian setempat di jajaran Polda Jatim baik Polrestabes, Polresta dan Polres-Polres jajaran sampai ke tingkat Polsek dan terdepan Bhabinkamtibmas,” Jelas Trunoyudo

Trunoyudo juga memberikan imbauan, “Marilah kita tetap berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa dan senantiasa berupaya melakukan pola hidup sehat, dimulai dan untuk diri sendiri serta semuanya”pungkasnya.(**)

Reporter = M.Rusdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here