Mimpi Bambang Haryo Kembangkan Wisata Seni Sidoarjo

0
216

SIDOARJO–Suksesinasional.Com–Datang ke Kampung Seni Sidoarjo, Calon Bupati (Cabup) Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS), membeber ‘mimpinya’ untuk mengembangkan Kampung Seni di sisi Barat Taman Pondok Indah yang bersebelahan dengan Jalan Tol Surabaya – Malang.

“Benar memang Sidoarjo tidak memiliki wisata alam, namun negara negara yang menghasilkan devisa besar dari wisata justru tidak memiliki kekayaan nature (alam), dengan mengembangkan wisata seni dan budaya,” tutur BHS di depan seratusan yang berkumpul di Kampung Seni, pada Senin (9 Maret) malam.

Bambang Haryo lalu merujuk pada Thailand yang menghasilkan devisa 980 an triliun dari dunia wisata. “Padahal apa yang dimiliki Thailand, hanya pantai Pattaya yang tidak seberapa panjang itu, namun tiap tahun wisatawan yang datang mencapai 65 juta orang,” tandasnya.

Ia membandingkan dengan Indonesia dengan kekayaan alam yang sangat berlimpah, dimana pantai membentang dari ujung barat sampai timur. Pegunungan yang bertebaran laksana ring of fire, namun wisatawan yang berkunjung di Indonesia hanya 15 jutaan tiap tahun dengan devisa yang masuk dari sektor ini 120 triliun rupiah. Bahkan Prancis yang hanya memiliki Menara Effiel dan beberapa museum mampu mendatangkan devisa dari sektor wisata sampai 5800 triliun rupiah. “Tanpa kekayaan nature,” tandasnya lagi.

Kalau saja Sidoarjo, lanjutnya, memiliki wisata seni, budaya dan market yang dikelola baik, dengan memanfaatkan jalan tol (sepanjang 10 kilometer) sebagai atalase seni budaya, dipadu galeri-galeri penyaji seni pertunjukan dan berbagai pernak pernik souvenir. Maka Sidoarjo akan menjadi salah satu venue menarik bagi wisatawan yang mendunia. “Kalau saya diberi amanah memimpin Sidoarjo, ayo kita wujudkan Kampung Seni yang marketable,” ajak BHS.

Bambang Haryo Soekartono yang pernah menjadi anggota DPR – RI ini memilih datang dan berkumpul bersama seniman dalam acara ‘Silatutahmu dengan Masyarakat Seniman di Kampung Seni Sidoarjo’ pada malam lalu karena mendengar ‘kemarahan’ seniman senior Sidoarjo, Mahmud Yunus atau akrab disapa Cak Willy.

Cak Willy sempat berujar akan ‘menjual’ Kampung Seni Sidoarjo bila memang tidak ada perhatian dari Pemkab. “Inilah yang kemudian membuat Pak Bambang Haryo terketuk untuk mendatangi Kampung Seni,” seloroh pembawa acara malam itu.

Saat ditemui Cak Willy mengaku bersyukur dan berterimakasih mendengar konsep dan gagasan BHS untuk mendongkrak dan memajukan seni dan budaya di Sidoarjo. Dirinya pun berdoa, keinginan itu terwujud, untuk memajukan Sidoarjo dan Jawa Timur.

“BHS pemikirannya brilian, saya mewakili teman-teman seniman dan budaya di Kampung Seni Sidoarjo ini ikut berdoa, semoga itu bisa diwujudkan. Sidoarjo ini memang agak kering untuk seni dan budaya. Sekarang ada calon, tokoh atau apapun namanya yang peduli, punya ide dan gagasan brilian untuk membenahi ini, kita doakan,” kata Cak Willy. (@ji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here