Persediaan Darah di Kantor PMI Kabupaten Tulungagung Aman

0
124

TULUNGAGUNG–Suksesinasional.Com- Persediaan darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tulungagung masih aman. Rukmi selaku kepala UTD PMI Kabupaten Tulungagung mengatakan, permintaan darah sekitar 2000 kantong stok darah per bulan. Umumnya golongan darah O dan golongan darah B.

Sedangkan untuk warga yang mendonorkan mencapai sekitar 1800 kantong. “Sampai saat ini persediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan relatif aman,” kata Rukmi Rabu (11/03/2020).

Lebih lanjut Rukmi mengatakan, saat ini masih ada ratusan kantong darah yang tersimpan dalam kondisi baik. Kantong darah siap pakai sebanyak 944 Katong darah, yang terdiri golongan darah A sebanyak 359 kantong, golongan darah B sebanyak 195 kantong, golongan darah O sebanyak 333 kantong dan golongan darah AB sebanyak 57 kantong. Darah yang sehat biasanya akan disimpan sekitar 35 hari,” jelasnya.

Ditambahkan, saat ini ada beberapa komunitas donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia. Setiap kelompok mulai kalangan pelajar hingga masyarakat umum ,” jelasnya.

Masih kata Rukmi, bahwasanya kantong darah itu bukan dijual atau dibeli tapi cuma pengganti pengolahan darah, biaya pengganti pengolahan darah se Indonesia itu sama, jelas Rukmi saat ditemui Suksesinasional.Com. (al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here