Polres Sumenep Bekuk Pelaku Usaha Beras Oplosan

0
177

SUMENEP – Suksesinasional.Com–Diduga seorang pelaku usaha beras oplosan , Inisial LA sebagai pemilik gudang UD Yudhatama Art di jalan merpati 3A Desa Pamolokan, Kecamatan Kota Sumenep, kini ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres sumenep.

Kapolres Sumenep, AKBP Deddy Supriadi, menjelaskan, Bersasarkan dari tempat kejadian perkara (TKP), gudang UD Yudhatama Art diketahui sejak dari 2018 pelaku telah mengoplos beras bulog dengan beras petani, kemudian di kemas kembali dalam karung berbagai merk guna memperoleh keuntungan. Bahkan pelaku juga menyemprotkan cairan hijau kedalam beras tersebut agar aromanya tercium harum.

” Beras yang sudah oplos yang diberi cairan pandan tersebut kemudian dikemas dengan menggunakan kemasan karung 5kg bermerk ikan lele super dan akan di distribusikan ke pulau gili genting seberat 10ton” Tuturnya.

Barang bukti yang diamankan diantaranya satu unit truk bermuatan lebih kurang 10ton beras dengan kemasan lele super sebanyak 2000 karung, beras merk bulog yang belum dilakukan pengoplosan 105 karung, tiap karungnya 50kg, beras tanpa merk sebanyak 63 karung , beras yang belum digunakan diantaranya lele super 100 karung, beras kita 10karung, 1timbangan duduk digital,mesin penjahit, dan semprotan manual.

Selain itu , tersangka L A dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 62 UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, pasal 139 UU No. 18 tahun 2012 tentang pangan, hingga pasal 106 UU No.7 tahun 2014 tentang perdagangan. Dengan ancaman masing- masing UU pidana penjara 5 tahun.

Deddy berharap kepada masyarakat agar lebih cerdas membeli produk produk pangan sesuai kebijakan pemerintah,” pungkasnya ang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here