Pondok Pesantren Baitul Hikmah Menyimpan Sejarah Yang Melegenda

0
100

PAMEKASAN — Suksesinasional.Com –Pondok Pesantren (Ponpes) Baitul Hikmah Dusun Tengah Desa Panaan Kecamatan Palengngaan pamekasan Madura Jawa Timur menyimpan cerita sejarah yang melegenda. Sejarah berdirinya Pondok Pesantren Baitul Hikmah ini berdiri sejak tahun 1990.

Berawal dari masyarakat sekitar membentuk perkumpulan belajar ilmu agama dengan membaca Al- Qur’an pada sore hari mulai dari anak anak hingga usia lanjut. Mereka memperdalam ilmu keaagamaannya.

Selain itu masyarakat juga berfikir agar lebih dikembangkan bidang keagamaannya seperti, surat al waqiah, tabarok setelah sholat subuh, ngaji al-quran bersama surat yasin setelah sholat maghrib dan dilanjut membaca kitab kuning.

“Pengasuh pondok , Darus Salam menjelaskan, melihat antusias masyarakat khususnya dusun tengah desa panaan ini berharap agar mendirikan pondok pesantren baitul hikmah untuk anak- anaknya agar bisa di asramakan atau dipondokkan di ponpes tersebut.

“Pada saat tahun 1990 kita dirikan pondok pesantren Baitul Hikmah, dan mulai diasramakan penuh” ungkapnya

Berjalannya rutinitas yang dikelola secara tradisional ini mengalami perkembangan yang sangat pesat alhamdulillah saat ini yg menetap bukan cuma dari kota pameksan bahkan banyak yang dari luar madura.

Pondok ini juga mendirikan pendidikan formal seperti pendidikan taman kanak- kanak pada tahun 1997. Pendidikan taman kanak kanak ini dikemas mempelajari tulis hitung , tapi fokusnya tetap keagamaana baca alquran”, tuturnya.

Darus menambahkan dari tahun ke tahun lembaga formal terus ditingkatkan diantaranya mendirikan pendidikan setara sekolah dasar madrasah Ibtidaiah (MI) Baitul Hikmah pada tahun 2000.

“Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ma’arif 10 pada tahun 2007, hingga selang pada tahun 2014 mendirikan sekolah Menengah Atas (SMA) Ma’arif 2 pamekasan.

“Dari semua lembaga formal yang awalnya berada di naungan dinas pendidikan, kini kita sudah berada di naungan pondok pesantren Baitul Hikmah kabupaten pamekasan,”pungkas dia. (Ang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here