Jadi Relawan Covid 19, Kades Tidak Boleh Dapat Honor Dari Dana Desa

0
1604

SITUBONDO-Suksesinasional.Com –
Para Kepala Desa agar berhati-hati dalam penggunaan Dana Desa (DD) untuk keperluan kegiatan Penanggulangan Covid 19.

Pasalnya tidak sedikit desa yang kini mulai gencar mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) di desa masing-masing untuk Penanggulangan Covid-19, dimana tidak sedikit pula yang memanfaatkan Dana Desa (DD) sebagai Sumber Dana.

Eko Febrianto selaku Ketua Umum LSM Siti Jenar (Situbondo Investigasi Jejak Kebenaran) menerangkan, bahwa Kepala Desa yang menjadi relawan Covid 19, tapi tidak boleh mendapat honor atau gaji dari Dana Desa.

“Surat Edaran (SE) tertanggal 08/04/2020 tentang Desa Tanggap Covid 19 dan penegasan padat Karya Tunai Desa, Tertuang pada no (5) tentang Relawan Desa Lawan Covid 19. Bahwa Kepala Desa menjadi Ketua dan Wakilnya Ketua BPD Desa”, Kata Eko saat Dikonfirmasi.

“Hal ini Kepala Desa dan tenaga pendamping lokal menjadi relawan dalam Satgas Covid 19, tidak boleh dapat honor, kan mereka sudah digaji, kecuali orang-orang yang tidak mendapatkan gaji”, ucapnya. Jum,at (10/4/2020).

Lanjut Eko Febrianto, Misal melibatkan kader posyandu, atau kader pembangunan masyarakat desa, boleh digaji, tapi kalau Kepala Desa, pendamping desa kan sudah dapat gaji, jadi tidak boleh lagi dapat honor sebagai Relawan Covid 19”, imbuhnya.

Dalam penggunaan DD dianjurkan hanya untuk membiayai Operasional Penanggulangan Covid 19, Penyediaan Rumah Isolasi, APD dan Alkes Rapid Tes”.ujarnya(sup)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here