Memasuki New Normal, Kawasan Wisata Bung Karno Dibuka Kembali

0
231

BLITAR –  Suksesinasional.Com –
Setelah hampir kurang lebih tiga bulan ditutup, sejak bulan Maret lalu, mulai hari ini tanggal 21 Juni 2020 kawasan wisata di Kota Blitar kembali dibuka untuk umum.

“Jadi mulai hari ini, atas persetujuan Gugus Tugas Covid-19, ada 4 kawasan wisata yang kembali dibuka untuk umum. Yakni wisata Makam Bung Karno (MBK), PIPP, Istana Gebang, Kampung Afrika dan Fish Garden. Salah satu pertimbangan Gugus Tugas karena di tempat wisata tersebut pengunjungnya bisa dikendalikan, dari sisi kuota dan sisi pendataan”, kata Tri Iman Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Blitar, Minggu (21/6/2020).

“Wisatawan yang masuk ke dalam area Makam Bung Karno yang biasanya sampai 150 wisatawan, kini dibatasi hanya 50 orang saja. Sedangkan di Istana Gebang hanya 25 orang bisa masuk ke dalam rumah, dan bergiliran”, terang Tri Iman.

Tri Iman menambahkan, pengelola tempat wisata juga harus memiliki data lengkap para pengunjung, mulai nama, alamat, nomor telepon dan jumlah orang dalam rombongan.

“Data itu untuk antisipasi, memudahkan petugas jika terjadi sesuatu terhadap pengunjung. Jika ada pengunjung yang terpapar Covid, kami mudah melakukan tracing”, imbuh Tri Iman.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Pengelola Kawasan Wisata Kota Blitar Heru Santoso, dirinya mengatakan bahwa wisatawan atau pengunjung yang hendak memasuki kawasan wisata MBK harus mematuhi protokol kesehatan.

“Pertama, setiap pengunjung wajib memakai masker, kedua mencuci tangan kemudian di Thermo dan jaga jarak. Pengunjung yang masuk ke dalam dibatasi.

“Kalau sudah masuk di dalam dan terlalu banyak, nunggunya di Paseban. Di pusara juga sudah ada titik-titik tempat duduk yang jaraknya kurang lebih satu setengah meter. Untuk berdoa di pusara sudah ada tempat yang identitasnya untuk doa pengunjung”, papar Heru.

Pesona wisata MBK sesungguhnya tak lekang ditelan waktu. Daya tarik magnet Sang Proklamator, Putra Sang Fajar, menyedot ratusan ribu wisatawan datang berkunjung ke Kota Blitar setiap tahunnya. Dibukanya kembali kawasan wisata Makam Bung Karno mulai hari ini membangkitkan kembali gairah ekonomi pelaku usaha yang terlibat di dalamnya. Mulai abang becak, pedagang asongan, juru photo, penjual bunga, pedagang souvernir dan lain-lainnya.

Dari pantauan awak media, sejak dibukanya kembali padi tadi yang ditandai upacara dan ziarah Wali Kota Blitar dan Forkompinda sebagai puncak peringatan Bulan Bung Karno, terlihat mulai banyak pengunjung berdatangan. Sebagai harapan bangkitnya kembali roda perekonomian yang hampir 3 bulan terakhir mati karena pandemi, kini kembali bergairah lagi. (ek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here