Gawat….., Pemprov Jatim Berencana Memindahkan Pasien COVID -19 ke Pulau Galang Riau

0
5804
FOTO ISTIMEWA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (KONTRIBUTOR / Suksesinasional.Com)

SURABAYA – Suksesinasional.Com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan Republik Indonesia berencana akan memindahkan pasien Covid 19 dari daerah dengan penularan tinggi ke Pulau Galang Kepulauan Riau.

Hal ini ditanggapi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah indar parawansa. Meski tujuannya baik yakni untuk mengurangi beban rumah sakit, namun, Khofifah mengatakan jarak yang jauh bisa menjadi kendala untuk membujuk pasien agar berkenan dipindah dan diisolasi di Pulau Galang.

Ditemui di Grahadi dalam acara pembagian sembako dan perlengkapan protokol kesehatan kepada ratusan ojek online dan pangkalan, Gubernur Jawa Timur, Khofifah menanggapi adanya rencana Pemerintah untuk memindahkan pasien Covid -19 di Surabaya ke Pulau Galang Kepulauan Riau. Khofifah mengapresiasi rencana tersebut, karena bisa mengurangi beban rumah sakit.

Namun Khofifah, mengkhawatirkan jarak yang jauh bisa saja menjadi kendala dalam proses pemindahan pasien covid 19. Karena selama ini fakta di lapangan, untuk membujuk pasien covid agar mau diisolasi adalah jarak RS rujukan yang jauh, sehingga sejumlah pasien keberatan untuk meninggalkan anggota keluarga di rumah, bahkan hingga hewan ternak.

Khofifah, menambahkan, pihaknya bahkan telah berkoordinasi dengan Pangkogabwilhan II terkait transportasi milik TNI AU yang akan digunakan untuk memindahkan pasien.

Meski begitu, Khofifah, masih akan mempertimbangkan hal tersebut. Saat ini, upaya yang dilakukan untuk relaksasi rumah sakit adalah dengan menerapkan one gate system atau sistem satu pintu yang dikomandoi langsung Pangkogabwilhan II, sesuai instruksi presiden.

Tujuan dari pemindahan pasien sendiri untuk mempermudah pengklasifikasian pasien covid mulai dari tanpa gejala hingga gejala berat, agar tidak terjadi penumpukan pasien di rumah sakit.

Selain itu, penerapan satu kali tes swab negatif untuk pasien covid yang sembuh juga tengah dilakukan untuk mencegah penumpukan di rumah sakit. (rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here